Kamis, 23 Februari 2012

CRACKER VS HACKER



Bingung antara cracker dan hacker? yok kita telusuri satu satu kedua kata ini, menurut saya hacker bisa dibilang kurang lengkap bahkan dibilang melenceng, hacker menurutku seseorang yang mempunyai kemampuan meneropong, melihat, mengamati, membuat kode program bermanfaat bagi semua orang, mampu menembus jaringan komputer baik berupa web atau LAN namun bukan bertujuan untuk merusak tapi mencari titik lemahnya dan dicarikan solusinya demi keamanan jaringan tersebut.

Sedangkan cracker adalah seorang yang mempunyai kemampuan hampir mirip dengan hacker namun tujuannya bertolak belakang, mempunyai kemampuan mengcrack sebuah software berbayar dan dipakai secara bebas. Tujuan seorang cracker berniat tidak mulia menghancurkan tatanan komputer dan internet secara keseluruhan. 

Pas aku liad dari Wikipedia : peretas(inggris:hacker) adalah orang yang mempelajari menganalisa dan bila seorang hacker menginginkan bias membuat modifikasi bahkan mengeksploitasi system yang terdapat pada sebuah perangkat seperti perangkat lunak computer dan perangkat keras computer seperti program computer administrasi dan hal lain dalam keamanan.

Menurutku hacker itu tidak selamanya buruk karena hacker bisa juga seorang opreker komputer, ato ngutak-atik komponen elektronika, jadi persepsi hacker itu harus diluruskan agar tidak salah kaprah, karena hacker itu punya tujuan mulia demi kelangsungan sebuah sistem, bukan melakukan perusakan baik dalam skala kecil maupun besar.

Media massa baik media online maupun cetak selalu salah menuliskan profile nama hacker, misalnya situs KPU diserang hacker, padahal hacker tidak ada niat menyerang dalam dirinya, hacker tidak ada kamus menyerang sesuatu kecuali mungkin diserang demi alasan pembelaan, ini tidak berlaku misalnya Indonesia diserang Malaysia lewat internet terus Indonesia membalasnya, bukan begitu ! ini sudah keluar konteks.

Jadi kita sebaiknya selalu menggunakan kedua profile itu pada tempatnya, misalnya cracker Malaysia menyerang situs Indonesia dan para craker Indonesia membalasnya. Jangan gunakan kata-kata hacker untuk bertujuan merusak karena persepsi ini membuat para hacker malas berusaha menciptakan keamanan, pembuatan program yang membantu manusia agar mudah dalam hidupnya.

Saya kenal beberapa hacker dan tidak perlu saya sebut disini, kalopun disebut mereka pasti akan menolak, dan saya juga bukan hacker, hanya pemula saja kok, kalo mau belajar sedikit-dikit juga boleh. Dalam bidang komputer saya masih nol besar, bahkan digolongkan opreker komputer pun belum tentu masuk.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

CoVer Blogger Templates Designed by productive dreams | Free Wordpress Templates. presents HD TV Watch Futurama Online. Featured on Singapore Wedding Cakes. © 2011