Kamis, 22 Maret 2012

BRIEF TUTORIAL OF MODING HOMESCREEN


Oleh Adhi Bintel For Galaxy mini
Hey guys,, in view of a lot of home screen posts on this group, here is the general information u should know about moding homescreen and all related things about it. So that we could made a differences with your self-characteristic of style. Here we go :

1. Modifying the Launcher - There are alot of launcher providing different features, as my suggestion please find a launcher with transparent statusbar feature included.
-      How to modifying launcher’s dock? Many of launcher supporting customization of dock, therefore we can create our custom dock image and apply the dock.
-       So ure jealous with good loking page indicators but u cant find anywhere of a launcher with those kind of page indicators on market? dont worry, we can modify all the things we want. For the basic information, there are two kind of image of page indicators u should know:
- Static image (.png )
- Dinamic image (.9.png)
Both of above image can be modified with basic knowledge about image editting software.
Here is the illustration : If u want to use Launcher X with its original features, but u fells like the page indicator image was not appropriate with your user interface sense, go and find an image of page indicator from launcher Z or from another source (google etc), and port it into Laucher X. But sir, how could we do that? Extract Launcher Z, find  the indicator image u decided to use, and drag into launcher X. Thats it, what next? All u have to do to make it installed on your device is signing the Lancher X. It means u have to made new fake identity or crack the legal sign.
There are 3 tools which providing signing apk in easiest way, apk manager, sign++ , and auto sign, go and find it on XDA developers.
What if we got an error?There are 2 possibilities.
- The launcher X needs dinamic image (.9.png) instead of static image.
- Parsing error or cant be installed, we can overcome this kind of error by deleting META folder  inside of apk (extracted apk) before we signing the apk.  Apk manager provides safety of signing apk method. (but u must learn about the apk manager setting first).

2.  Icon pack,  i have no suggestion, its available on xda developer and droid pirates (http://droidpirate.com/) website.

3. Walpaper
This is the basic thing, choose the one u like.
I provides u one walpaer site : http://wallbase.cc/home..nah
The important thing regarding the walpaper resize is provided below:
-       If we are retrieved a wallpaper from website, the walpaper mustbe provided with plurality of walpaper size.  Got it? How did we fixed it ?
-       Run photoshop, open a walpaper and resizing into 480x320 px (gingerbread minimum default size) so that we are no need cutiing or choosing a walpaper pieces anymore while applying a walpaper on our device.
-       Save as png interlaced . done

4.  Statusbar
How to hack the default statusbar into tranparent statusbar?, the easiest ways is using a ROM with statusbar options on it (if u do so, my tutorial stopped here,and u will never know how to hack statusbar, LOL), pm me if u want to ask about statusbar matters, due to i have posted the transparent statusbar previously. All we have to understand is  xml script such as : Linear_layout, Wrap_Content, Gravity, Padding, etc.  It  must be take a long time describing entire steps ;D),

5.Widget
mClock, Music widget, weather widget, etc
go for the one u like.. :D

6. Finishing
Put your Home screen on image editting software and apply your sense of finishing touch
-       Adding shadows
-       Adding backgrounds
-       Adding title of HS setup
-       Adding device background
Here is my setup with my style of finishing touch (for example)


7. Whats next???
READY STEADY GO... creating one setup and post here with your queries regarding the problems.

Sincerely YOURS...
Adhi bintel ( im in rush..sorry for the translation)
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ane mau bagi2 pengalaman ni..berhubung banyak banget yang pajang HS, ane mau bahas secara umum tentang gmana moding HS Lil"g kita sesuai karakter kita, jadi diharapkan nanti bukan minta2 lagi bumbu2 dari orang, tetapi kita yang menentukan kreasi kita sendiri.

1. Memodifikasi Launcher
- Banyak Launcher dengan berbagai fiturnya masing2, ada yang support transparan status bar kaya GO launcher EX, ADW, Zeam dll. Maka dari itu disarankan pilihlah Launcher yang support untuk mentransparankan statusbar.
- Lalu gmana dengan modifikasi dock? beberapa launcher memiliki fitur dengan custom dock, maka buatlah image semenarik mungkin dengan ukuran yang sama dengan dock default di launcher tersebut.
- Ngiri dengan page indicator yang bagus2? tapi kan gak ada custom page indicator sesuai keinginan kita, Gampang, modifikasi baik page indicator atau pun image2 baik image statis (.png) maupun dinamis (.9.png) bisa kita modifikasi, misal kita mau mau pake launcher A, tapi page indicator di Launcher B lebih bagus, bisa gak di port? BISA. Caranya gmana? extract aja apk di launcher B, ambil page indicatornya, lalu drag in aja ke launcher A, Lalu sign apknya yang udah kita edit tadi (sign pake sign++ ato autosign dll), kenapa disign om? karena launcher itu adalah 3rd party app gan, istilahnya kita tu break the legality punya developer apk karena kita modif, gmana klo error?, ada 2 kemungkinan
1. image indicator A adalah image dinamis alias .9.png, trus gmana om? nah inilah gunanya kita belajar edit .9.png. ;)
2. error parsing/not installed, itu karena kita salah signed, pastikan folder META didelete sebelum di sign, ato klo mau paling aman pake metode sign apk manager (ada di doc) but SDK needed to run this method.

2. Icon Pack
-Icon? waduh ni dia ni yang sering banget di minta oleh agan2 di sini, apakah pada tau bahwa icon pack itu banyak sekali bisa kita dapatkan di XDA, droidpirate dll, syukur2 kita rajin bikin icon sendiri, misal semua icon adalah pose alay muka kita :ngakak. Intinya pilih sesuai style anda.

3. Walpaper
Walpaper lebih banyak lagi sumbernya gan cari aja di sumber2 walpaper, misal http://wallbase.cc/home..nah ada ribuan walpaper ciamik disitu.
Trus gmana om biar fix walpapernya sama ukuran galmin ane?
ada aplikasi kok dimarket buat fix ukuran walpaper, tapi ane recommend kita edit aja sendiri, nah disini gunanya kita bisa edit sotoshop, pada base gingerbread memang sebenarnya didefaul ukuran layar 480x320 px. nah kita convert aja walpaper itu keukuran 480x320 px. maka dijamin fix gak pake potong2, inget disave pake format .png interlaced aja ya.

4. Status Bar
Nah ini bahasan lama, ane pernah bikin doc tentang hack transparan status bar, meski sudah ada ROM dengan fitur mentransparankan status bar. Gak ada salahnya dong kita belajar bikin custom status bar, misal kita gak mau transparan, trus gmana om?
Ya hack dulu aja pake metode apk manager dengan ubah value clases.dex biar bebas kita custom.
Trus kok kalo kita bongkar SystemUI ada banyak statusbarnya om?
Iya defaultnya ada 2 statusbar.
1. Statusbar background>>Ini statbar di Home screen
2. Statusbar background2>> biasanya ini muncul pas kita tarik pulldown, (backgroundnya Date)
Berarti yang kita edit adalah yang Statusbar yang 1. Trus gmana klo imagenya kecil om? itu berarti image statusbarnya adalah dinamis (.9.png) trus gmana dicustomnya om? ya bikin aja image ukuran 240x25 px lalu save dengan nama statusbar_background.png (jangan tambahin .9 ya) masukin ke folder drawable dan apus statusbar yang .9 td cz bakalan error kalo gak diapus, gak boleh ada image dengan nama yang sama dalam satu apk. ;)

Trus gmana om ubah2 posisi icon di status bar?
Jawabannya adalah XML gan, mau batre dikiri, mau jam ditengah, mau jam dikiri, mau ada carrier label text, mau carrier label image. semuanya pernah ane coba. Cuma ubah xml aja kok gan, perhatikan kalimat2 dan baris2 icon. merger, gravity, dan wrap content, fill_parent dan center, left, right, padding dll aja dulu.
Tutor lengkapnya gmana om?
Ada di doc buat carrier,center clock dll, ayo nyelam dulu om,,sambil menyelam kita ngopi.

Klo icon2 statusbar om?
ada di xda , misal judul thread whats your MIUI looks like, droid pirate, deviantart, statusbar icon pack dll, search aja pasti nemu,

Trus apa bedanya om statusbar di Cyanogen sama di custom ROM based stock? sama aja gan, bedanya kalo di CM kita editnya di .apk theme choosernya, klo di cusrom based stock kita edit di SystemUI.apk. biar gampang nanti modifnya ada baiknya belajar di cusrom based stock dulu. :); just suggest ya biar nanti kalo mainan xml tau beda antara default dan hasil modifikasinya.

5. Widget
Waduh apalagi ini, dah ratusan widget tersedia dari yang langsung pake sampe kita bisa edit sendiri, misal kaya mClock, Music Widget dll.
Kok punya ane beda sama punya anak2 yang posting disini kan judul apknya sama?
Ya edit dong gan, sama caranya kaya pas edit launcher, kuncinya, kesesuaian XML dan size image.

6. Finishing
Stelah dah jadi, agan harus bikin kemasan HS semenarik mungkin, bisa kasih background yang sesuai ato kasih background handphonenya kayak yang suka kita lihat2, pake sotoshop aja gan.

7. Trus apalagi om?
Apalagi ya, keknya gak ada, yang pasti ente harus rajin2 nyari2 icon,image walpaper dan pack yang sinkron, sama satu lagi gan,ente nyoba.., mulai bikin dari yang paling norak sampe yang paling elegan :).klo dah jadi, ane minta..hahhaa...kalo dah banyak yang ngelike disini nanti coba upload ke deviantart ato ke xda. ..udah ayo bubar..bubar...

Semua pertanyaan disni diharapkan spesifik, dan diharapkan me mention orang yg mau ditanya, misal mau tau gmana cara edit pure music widget kita tulis aja @fajerin, om fa, size image buat widget A buat 4x2 itu berapa ya... dst. biar nanti klo ada yang protes g dijawab ente gak protes sama 7000 orang kaya yang sudah2..OK gan :PISS.

Sekian dan Selamat Berkarya.

source

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

CoVer Blogger Templates Designed by productive dreams | Free Wordpress Templates. presents HD TV Watch Futurama Online. Featured on Singapore Wedding Cakes. © 2011